Subscribe to MENKOMINFO feed
RSS Berita
Updated: 23 min 59 sec ago

Pesan Rudiantara untuk Menteri Kominfo Selanjutnya

Fri, 10/18/2019 - 11:06
Menjelang akhir pengabdiannya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menaruh harapan besar kepada Menteri Kominfo yang akan dipilih Presiden Joko Widodo untuk lima tahun kedepan.

Menkominfo Tak Menyangka, Target Unicorn Lampaui Ekspektasi

Fri, 10/18/2019 - 11:01
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan tiga Unicorn di awal periode Kabinet Kerja. Namun, jumlah tersebut sukses melebihi target, yakni menghasilkan lima startup Unicorn karya anak bangsa.

Proyeksi Belanja Online Indonesia Capai 119 Juta Pembeli Tahun 2025

Fri, 10/18/2019 - 09:19
Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nyoman Adhiarna mengatakan ekonomi digital di Indonesia telah berkembang pesat. “Belanja online di Indonesia diperkirakan akan tumbuh 21% setiap tahun dan mencapai 119 juta pembeli online pada tahun 2025,” katanya merujuk pada penelitian terbaru yang dilakukan oleh Google dan Temasek dalam sebuah laporan berjudul e-conomy SEA: Membuka peluang digital USD 200 Miliar dari peluang digital di Asia Tenggara.

Rudiantara Ungkap Keputusan Terberat Selama Menjadi Menteri

Fri, 10/18/2019 - 08:33
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan momen yang paling berat selama lima tahun menjabat. Momen itu disebutnya, ketika harus membatasi layanan data selama beberapa hari saat pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 pada April lalu.

Gelar Syukuran Bareng Wartawan, Menkominfo: Senang Bisa Kerja Wujudkan Nawacita

Fri, 10/18/2019 - 08:26
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengadakan syukuran bersama wartawan Kominfo. Rudiantara akan mengakhiri masa jabatannya selama lima tahun membantu Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kabinet Kerja Jilid I.

Ubah Kebiasaan Transaksi, Jual Beli Online Lebih Efisien

Fri, 10/18/2019 - 08:21
Perkembangan jual-beli online di Indonesia amat pesat dalam satu dasawarsa terakhir. E-commerce dinilai telah banyak mengubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi.

Menkominfo: Industri Penyiaran Hadapi Tantangan Berat

Thu, 10/17/2019 - 19:14
Tantangan industri penyiaran di Indonesia dihadapkan pada berkembangnya era digital karena menyajikan konten yang mudah diakses publik. Lalu, bagaimana dunia pertelevisian beberapa tahun mendatang dalam perspektif pemerintah?

Inilah Momen Menarik Saat Menkominfo Dipanggil Presiden Masuk Kabinet

Thu, 10/17/2019 - 19:03
Masa bakti para Menteri Kabinet Kerja Periode 2014-2019 tinggal menghitung hari. Tentunya, banyak pesan dan kesan yang didapatkan selama mendampingi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kagumi Sosok Pak JK, Menkominfo: Pernah Sama-sama Urus Masjid

Thu, 10/17/2019 - 18:55
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menjelang akhir masa jabatannya.

Dirjen PPI: Modus Penipuan Berubah, Masyarakat Harus Bijak Bersosial Media

Wed, 10/16/2019 - 20:54
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo menjelaskan adanya pergeseran modus penipuan menggunakan alat telekomunikasi. Dari modul “Mama minta pulsa” bergeser menjadi upaya penipuan dan pemerasan melalui social engineering yang menyalahgunakan foto profil pengguna media sosial dan WhatsApp.

Dinantikan Rakyat, Palapa Ring Potensial Dongkrak Ekonomi Digital USD 130 Miliar

Wed, 10/16/2019 - 14:49
Proyek Palapa Ring Paket Timur yang diresmikan Presiden Joko Widodo disyukuri oleh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah timur, karena selama ini mereka telah menunggu proyek tersebut bisa operasional. Dampak proyek itu, diperkirakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bisa mencapai USD 130 M di tahun 2025.

Tol Langit Rampung, Kominfo Ajak Operator Ciptakan Akses Komunikasi

Tue, 10/15/2019 - 21:08
Pemerintah telah menuntaskan pembangunan tol langit. Jaringan internet cepat yang menghubungkan dari Merauke di kawasan Timur sampai ke Sabang di kawasan Barat Indonesia. Hal itu, merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada para operator seluler agar bisa menciptakan akses komunikasi yang lebih merata.

Palapa Ring Satukan Generasi Muda Papua untuk Akses Pasar Global

Tue, 10/15/2019 - 21:01
Palapa Ring akan dapat menyatukan generasi muda Papua agar lebih mengakses pasar global sekaligus mengembangkan ide kreatif. Hal itu disampaikan CEO KitongBisa.com, Billy Mambrasar dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Menghitung Dampak Palapa Ring" di Ruang Serba Guna, Gedung Utama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Pemkab Jayawijaya Harap Palapa Ring Dorong Ekonomi Digital Setempat Tumbuh Cepat

Tue, 10/15/2019 - 20:57
Proyek Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur telah tersambung secara keseluruhan. Dengan rampungnya proyek yang termasuk dalam program Tol Langit itu, maka diharapkan dapat membantu ekonomi digital tumbuh dengan cepat di daerah-daerah yang selama ini kesusahan akses internet, termasuk salah satunya di Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Ini Dampak Positif Palapa Ring bagi Bisnis di Daerah Terjangkau Sinyal

Tue, 10/15/2019 - 20:50
Asisten Deputi Telematika dan Utilitas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Eddy Satriya menegaskan arti penting Palapa Ring bagi kehidupan bisnis di daerah-daerah yang kini terjangkau sinyal.

Palapa Ring Memupus Ketimpangan Digital di Seluruh Pelosok Negeri

Tue, 10/15/2019 - 20:44
Tuntasnya pembangunan tol langit yang diwujudkan dengan pembangunan jaringan fiber optik di seluruh Indonesia diharapkan mampu memupus ketimpangan digital di seluruh pelosok negeri.

Palapa Ring Bantu Penetrasi Layanan 4G di Daerah Terpencil

Tue, 10/15/2019 - 18:46
Pembangunan jaringan tulang punggung Palapa Ring diyakini VP Regulatory Management Telkomsel Andi Agus Akbar membantu penetrasi layanan 4G d daerah terpencil. “Palapa Ring akan mempermudah penetrasi pembangunan layanan internet berkecepatan tinggi 4G di daerah terpencil lebih mudah. Selain itu biayanya juga lebih efisien dibandingkan dengan penggunaan satelit,” ungkap Andi dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 "Menghitung Dampak Palapa Ring", di Ruang Serba Guna Kementerian Kominfo Jakarta.

Setelah Palapa Ring, Lalu Apa Rencana Pemerintah?

Tue, 10/15/2019 - 18:43
Proyek Palapa Ring baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo Senin kemarin, kemudian muncul pertanyaan selanjutnya mengenai apa yang akan dilakukan pemerintah setelah Palapa Ring selesai dibangun. Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif menyampaikan bahwa ada pekerjaan lain yang harus dilakukan. “Sebenarnya Presiden sudah menyampaikan saat Peresmian Palapa Ring kemarin bahwa pemerintah akan tuntaskan pembangunan 4.000 BTS lagi pada tahun 2020, yang akan berdampak langsung ke masyarakat. Selain itu yang sudah berjalan satelit multifungsi,bulan Mei lalu sudah tanda tangan kontrak, dan sekarang sudah berprogress,” jelas Anang

Di UI, Menkominfo Bicara Pentingnya 'SDM Digital' dan Prodi Logistik

Tue, 10/15/2019 - 09:50
Perguruan Tinggi dinilai punya andil besar dalam melahirkan SDM Unggul, khususnya di sektor ekonomi digital. Mereka inilah yang nanti bakal berperan bagi kemajuan bangsa. “Perguruan tinggi perlu melakukan perubahan besar secara ‘no box thinking’ untuk meningkatkan capacity pengajar, memaksimakan aset universitas, dan memunculkan prodi (program studi) baru yang sesuai kebutuhan di lapangan,” jelas Menteri Kominfo di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok, Senin (14/10/2019).

Menkominfo: Jangan Takut dengan Robot

Mon, 10/14/2019 - 21:00
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut masyarakat tidak perlu resah dengan kehadiran robot. Menurutnya, eksistensi robot tak bakal menggantikan peran manusia. Justru, perkembangan teknologi revolusi industri yang salah satu implementasinya adalah robot, akan menghasilkan suatu proses yang efisien.

Pages