Babel Ingin Wujudkan Seluruh Kabupaten dan Kota Layak Anak

Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung termotivasi untuk mewujudkan seluruh wilayahnya menjadi kabupaten dan kota layak anak.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr Yan Megawandi SH MSi di sela-sela pencanganan Pangkalpinang Menuju Kota Layak Anak oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise, di Taman Sari, Pangkalpinang, Babel, Sabtu (17/09/2016).

“Dengan hadirnya Menteri PPPA ke Bangka Belitung, bisa menjadi semangat dan motivasi kami untuk mewujudkan semua kabupaten dan kota di Provinsi Babel sebagai kabupaten dan kota layak anak,” ujar Yan Megawandi.

Dikatakan Yan, beberapa waktu lalu Bangka Tengah telah lebih dulu dicanangkan sebagai kabupaten layak anak. Dan Pangkalpinang merupakan daerah kedua di Babel menuju kota layak anak.

Dia mengapresiasi pemerintah daerah yang memiliki komitmen besar untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak.

Sementara itu Menteri PPPA Yohana Susana Yembise ketika meresmikan Pangkalpinang menuju kota layak anak mengatakan, sekarang  ini  belum bisa  dikatakan Pangkalpinang sebagai kota layak anak tapi baru menuju kota layak anak.

Menurutnya, butuh komitmen tingggi dari pimpinan daerah, stakeholder, forkopimda, tokoh adat, tokoh masyarakat, dunia usaha dan media massa menuju kota  layak anak.

"Hingga saat ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah melaunching sekitar 301 kabupaten/kota layak anak," kata Yohana.

Kegiatan pencanangan yang direncanakan pukul 13.30 Wib sempat tertunda karena hujan deras mengguyur Kota Pangkalpinang.

Mengenakan batik bercorak oranye kehitaman, Menteri Yohana akhirnya tiba di lokasi acara. Di tengah hujan, undangan disuguhkan atraksi drumband dari anak-anak penyandang disabilitas Sekolah Luar Biasa (SLB) Pangkalpinang.

Menyusul penampilan Tari Batok oleh anak-anak taman kanak-kanak. Bahkan Yohana larut dalam rentak tarian tradisional sekaligus berbaur untuk menari bersama.

Pencanangan Kota Pangkalpinang menuju kota layak anak ditandai pemukulan gong oleh Menteri PPPA Yohana Yembise.

Hadir pada kegiatan tersebut unsur Forkopimda Babel, Wakil Walikota Pangkalpinang M Sopian, pejabat vertikal dan otonom baik di lingkup Pemprov Babel maupun Pemkot Pangkalpinang.

Sementara itu pada Minggu (18/09/2016), Menteri Yohana juga mencanangkan Bangka Menuju Kabupaten Layak Anak. Kegiatan pencanangan berlangsung di Desa Merawang, Kabupaten Bangka. Dengan demikian, dari tujuh kabupaten/kota maka Babel memiliki tiga daerah yang sudah dicanangkan menuju kabupaten dan kota layak anak. (cdr)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
M Chandra Yusuf
Fotografer: 
M Chandra Yusuf
Bidang Informasi: 
Humas